Hujan Deras Mengakibatkan Longsor Tebing Hingga Menutup Jalan

39

Dipicu hujan lebat lebih dari 2 jam, sebuah tebing setinggi 10 meter longsor dan menutup akses jalan di Cisarua, Bandung Barat pada kamis kemarin, tak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun tumpukan material longsor menutup akses jalan, sehingga berbagai jenis kendaraan tak bisa melintas untuk sementara waktu.

Tebing setinggi 10 meter ini longsor terjadi tepatnya di Desa Parunghalang, Kecamatan Cisarua, Bandung Barat. Puluhan warga dibantu petugas badan penanggulangan bencana daerah, BPBD, Bandung Barat, terlihat berjibaku untuk menyingkirkan material tanah dan batu yang menutup akses jalan dua desa tersebut. Petugas harus menggunakan semprotan air untuk membersihkan tumpukan tanah dan juga beberapa akar rumput bambu yang sulit disingkirkan.  Tak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Namun peristiwa yang dipicu hujan lebat sepanjang malam lebih dari tiga jam membuat longsoran ini, membuat seluruh jenis kendaraan untuk sementara tak bisa melintas.

Karena menggunakan alat seadanya, proses evakuasi longsoran tanah, memakan waktu  cukup lama. Dan jumat ini akses jalan penghubung desa pasirhalang dengan desa tugumukti pun sudah bisa dilalui kendaraan. Namun demikian, masyarakat diimbau waspada mengingat curah hujan tinggi, sehingga bisa memicu pergerakan tanah kembali..,

 

Algi Muhammad Ghifari, Bandung Tv.