Tiga Kota Kabupaten Belum Terelektronifikasi

22

Untuk mendukung kegiatan ekonomi yang efektif dan efisien serta mendorong keuangan inklusif, kantor perwakilan Bank Indonesia Jabar menjalankan sejumlah program terkait elektronifikasi, salah satunya untuk transaksi pemda. Namun, hingga saat ini, masih ada tiga kota kabupaten yang belum menjalankan sistem tersebut untuk sp dua online dan internet banking, yaitu Kota Cimahi, Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Bogor.

Kepala kantor perwakilan Bank Indonesia Jabar, Doni P Joewono mengatakan, untuk mendukung kegiatan ekonomi yang efektif dan efisien, serta mendorong keuangan inklusif, pihaknya menjalankan sejumlah program elektronifikasi, di antaranya transaksi pemda, bansos, bantuan operasional sekolah, dan transaksi  nontunai di jal tol. Namun, hingga saat ini, tiga Kota Kabupaten belum menjalankan elektronifikasi untuk transaksi pemda dalam hal SP dua online dan internet banking, yaitu Kota Cimahi, Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Bogor. Padahal, menurut Doni, sistem tersebut bisa mendeteksi dengan baik pengeluaran, dan meningkatkan pendapatan asli daerah. Tahun ini pun, pihaknya akan mencoba sistem elektronifikasi dalam bidang pendapatan, di Kota Bandung.

Doni menambahkan, pada 2019, program elektronifikasi akan diperluas melalui program remitansi dan transaksi nontunai di Desa Wisata.

Budi Hartati, Bandung Tv.