BPSK Masih Kurang Diperhatikan Orang

41

BISNIS BANDUNG- DPRD Provinsi Jawa Barat menilai keberadaan Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) sangat penting, sebab  dapat berdampak besar terhadap masyarakat.

BPSK dapat menjembatani sengketa antara konsumen dengan produsen atau pedagang maupun menjaga komitmen antara konsumen dengan produsen atau pedagang. Oleh sebab itu BPSK diharapkan dapat bekerja secara efektif dalam melindungi hak konsumen.

“Dewan  tidak menginginkan adanya kecurangan dilakukan pedagang semisal menaikan harga terlalu tinggi atau mengurangi takaran, “ ungkap Anggota Komisi II DPRD Jabar, Toto Purwanto Sandi kepada pers pekan ini seraya  mengimbau jika konsumen  beli barang tidak sesuai harga yang disepakati, maka  komplain bisa ditujukan ke BPSK agar bisa diselesaikan bersama sama.

Toto Purwanto  mengatakan  BPSK merupakan badan yang hampir luput dari perhatian masyarakat, padahal, di luar pengadilan badan ini dapat meminimalisasi sengketa yang harus berujung dalam tahap pengadilan.

“Ini sebuah badan yang kurang dilihat orang, tapi dilapangan banyak menyelesaikan sengketa konsumen di luar pengadilan. Badan ini sengaja melakukan media sosial atau konsiliasi tapi tidak sampai pengadilan,” katanya seusai rombongan  Komisi II DPRD Jawa Barat melakukan Kunjungan ke BPSK  Kabupaten Karawang.(B-002)***