Ganti Filter AC Mobil Secara Berkala

86

Sistem penyejuk atau AC merupakan fitur penting yang menentukan kenyamanan berkendara. Supaya kondisi kabin tetap nyaman, pastikan AC selalu dalam kondisi prima.
Tapi jangan lupakan fungsi filter AC. Sebab jika komponen ini bermasalah, siap-siap akan ada rasa kurang nyaman di kabin mobil.
Fungsi filter untuk mencegah agar debu tak masuk ke evaporator. Maka selalu pastikan bahwa kondisi filter selalu bersih. Jika sudah waktunya diganti, ya segeralah diganti.
Kepala bengkel Auto2000, Sapta Agung Nugraha mengatakan bahwa sebaiknya penggantian filter kabin dilakukan setiap 10.000 kilometer. Atau setiap enam bulan sekali, agar pendingin kabin tetap normal.
“Kalau sudah kotor, sudah pasti akan menyumbat karena banyak debu yang menempel, jadi harus diganti agar kembali normal,” kata Sapta, yang dikutip dari laman Auto2000.
Setiap dua atau tiga bulan sekali, Sapta menyarankan agar pemilik mobil melakukan pengecekan atau merawat dengan cara membersihkan filter kabin untuk menjaga kualitas AC tetap dalam kondisi normal.
“Kalau dalam 10.000 kilometer sekali ternyata masih abgus, maka bisa diganti saat servis berkala selanjutnya. Tetapi idealnya setiap 10.000 kilometer sekali,” tandasnya. (E-002)***