Serapan Anggaran Tinggi Bukan Sekadar Prioritas

30

BISNIS BANDUNG- DPRD Jabar mengapresiasi beberapa program kegiatan yang menunjukkan serapan anggaran di atas 97%.  Meski demikin, program kerja tidak hanya mengutamakan serapan anggaran, melainkan   yang harus menjadi prioritas  manfaat dari program itu  berdampak langsung kepada masyarakat.

“Ada beberapa program kegiatan yang serapan anggarannya di atas 97%,  ada juga  di bawah 50%. Semuanya harus menjadi jelas,  bukan hanya daya serapnya tinggi,  tapi kita harus tau seberapa jauh nilai manfaatnya dalam rangka mensejahterakan masyarakat Jawa Barat, ” ucap Ketua Pansus I, Yod Mintaraga kepada wartawan, pekan ini.
Menurut Yod,  guna  mendapatkan informasi yang lebih rinci terkait LKPJ Gubernur Jabar, Pansus I DPRD Jawa Barat melakukan rapat kerja dengan OPD terkait dimaksudkan  meminta penjelasan yang lebih detail dari apa yang sudah disampaikan oleh gubernur pada paripurna penyampaian LKPJ Gubernur Jawa Barat Akhir Tahun Anggaran (ATA)  2018.

“Dalam LKPJ Gubernur 2018, ada beberapa hal yang perlu kita kaji dan dalami, seperti serapan anggaran yang di atas 97% dan sejauh mana manfaat program tersebut dapat diarasakan oleh masyarakat, ” katanya.

Ia mengungkapkan DPRD Jabar sebelumnya telah melahirkan 11 rekomendasi dari hasil pembahasan LKPJ 2017. Dari hasil rekomendasi tersebut beberapa rekomendasi telah ditindaklanjuti, dan menjadi perhatian  Pemprov Jabar.

“Kita  meminta penjelasan rekomendasi,  apakah sudah ditindaklanjuti. Alhamdulillah beberapa OPD sudah menindalanjuti rekomendasi tersebut, walaupun ada beberapa yang masih belum bisa dilaksanakan. Insya Allah dari hasil rapat kerja ini pansus akan melakukan pembahasan internal dan meluncurkan beberapa catatan sebagai rekomendasi perbaikan kinerja satu tahun ke depan,” tuturnya.

Setelah melakukan pembahasan dengan OPD terkait, Pansus I akan segera melakukan penijauan langsung program-program pembangunan Pemerintah Provinsi Jawa Barat,  untuk melihat sejauhmana implementasi pembangunan tersebut. (B-002)***